I. Pendahuluan
Banyak
mata kuliah yang dipelajari pada berbagai universitas mensyaratkan Anda untuk
menulis beberapa makalah dan laporan. Menulis makalah dan laporan mengajak Anda
dalam menggunakan proses pencarian, integrasi dan pengorganisasian informasi
dan ilmu pengetahuan yang relevan dengan mata kuliah yang dipelajari. Makalah dan laporan Anda merefleksikan bagaimana Anda
melalui proses penulisan ini. Penulisan ini sering digunakan untuk menilai
hasil pelaksanaan mata kuliah Anda. Untuk mendapatkan manfaat dari penulisan
makalah atau laporan yang Anda buat dan mendapat nilai baik dari mata kuliah
Anda, Anda seharusnya menguasai proses penulisan dan keterampilan yang
mendukung produksi/pembuatan makalah dan laporan.
Setelah
mempelajari topik ini, Anda diharapkan mampu untuk :
Ø
Menjelaskan karakteristik makalah yang baik
Ø
Menjelaskan karateristik laporan yang baik
Ø
Mengidentifikasi komponen utama makalah
Ø
Mengidentifikasi komponen utama laporan
Ø
Menjelaskan proses penulisan makalah dan laporan
Ø
Menggunakan format yang tepat untuk mencantumkan sumber
acuan / referensi untuk makalah dan atau laporan yang telah Anda buat
II. Pembahasan
A. Karakteristik Makalah Yang Baik
Suatu
makalah tidak hanya menjelaskan dan mendiskusikan secara mendalam topiknya,
tetapi juga menunjukkan usaha dan keterampilan yang Anda miliki dalam
mengumpulkan, memilih dan mengorganisasikan informasi dan bahasa secara tepat
dalam makalah. Jika makalah Anda baik, itu menunjukkan usaha dan pengetahuan
Anda sudah cukup tinggi menurut standar akademik.
Syarat
menulis makalah yang baik:
Ø
Fokus pada topik (judul) yang telah Anda pilih
Ø
Merefleksikan secara kritis dan luas bacaan artikel, buku
dan material lainnya yang relevan.
Ø
Menyajikan penjelasan yang masuk akal dan ilmiah.
Ø
Menulis dengan gaya yang jelas.
Ø
Menulis dengan bahasa yang benar dan tepat.
Ø
Mencantumkan semua sumber informasi secara tepat.
Contoh
Makalah :
Judul
Makalah : Merancang Latihan, Tugas dan Alat Evaluasi
Bab
I : Pendahuluan
Bab
II : Pembahasan
Bab
III : Kesimpulan
Daftar Pustaka
B. Komponen Utama
Makalah
Seperti
kebanyakan format penulisan dokumen lain, makalah memiliki tiga komponen
berbeda: bagian awal (pendahuluan), bagian tengah (isi makalah) dan bagian
akhir (kesimpulan). Ada kalanya tiga komponen ini tidak secara eksplisit
disebutkan, tetapi dapat diidentifikasikan melalui isi dan gaya penulisan.
1. Pendahuluan
Fungsi
utama pendahuluan adalah untuk memberikan gambaran informasi dari makalah yang
akan dibahas / didiskusikan.
Anda
dapat menuliskan pendahuluan dalam satu atau beberapa paragraf. Pendahuluan
berisi lima sampai lima belas persen dari total keseluruhan makalah.
Pendahuluan
harus mencakup beberapa hal:
o Memberikan penjelasan awal topik
o Memberikan definisi istilah / kata kunci (keyword).
o Menerangkan topik diskusi secara signifikan.
o Bagaimana mengindentifikasikan topik diskusi.
o Memberi batasan pendapat yang akan didiskusikan.
o Tujuan / hasil yang diharapkan.
Contoh
Pendahuluan dari contoh makalah dengan Judul : Merancang Latihan, Tugas dan
Alat Evaluasi.
Latar Belakang
……. Keberadaan ilmu strategi pengajaran dalam sistem pendidikan memerlukan
upaya serius untuk tercapainya perkembangan yang optimal dari setiap peserta
didik. Dengan demikian ……..
Dewasa ini ilmu strategi pengajaran sudah berkembang ……….. Merancang
latihan, tugas dan evaluasi merupakan salah satu bahasan dalam ilmu strategi
pengajaran. Keberhasilan guru merancang materi pengajaran termasuk merancang
latihan, tugas dan evaluasi yang merupakan alat untuk …………
Tujuan
Setelah mempelajari materi ini melalui telaahan bahan
bacaan …….. para mahasiswa diharapkan: ………..
2. Batang Tubuh Makalah (Pokok Bahasan)
Batang
tubuh makalah merupakan isi daripada makalah yang menjelaskan informasi detail
dan pembentukkan pendapat tentang topik yang dibahas. Ketika membaca bagian
ini, pembaca makalah akan dengan mudah menemukan informasi yang bermanfaat
tentang pokok bahasan, dan meyakinkan bahwa sudut pandang yang anda berikan
adalah benar. Batang tubuh makalah biasanya mengisi sebesar tujuh puluh sampai
sembilan puluh persen (70% – 90%) dari total keseluruhan makalah tersebut.
Anda
harus yakin bahwa batang tubuh / pokok bahasan makalah Anda:
o Menyajikan informasi dan alasan-alasan (pendapat) dalam metode / cara yang
saling mendukung dan logic.
o Dukung pendapat / pokok bahasan Anda dengan literatur dan contoh-contoh.
Contoh Batang Tubuh
dari contoh judul makalah : Merancang Latihan, Tugas dan Alat Evaluasi
A. Tujuan Pengajaran
Menurut Bloom,
taksonomi tujuan pengajaran dibedakan dalam 3 kawasan (domain) yaitu ………….
B. Merancang Latihan dan Tugas
………………. Teknik
pemberian latihan dan tugas ini biasanya digunakan dengan tujuan agar siswa
………….. ………… Juga perlu diingat, bahwa semua guru pasti memberi ………. Akibatnya
latihan dan tugas itu terlalu banyak diberikan kepada siswa, menyebabkan siswa
mengalami kesukaran ……..
C. Merancang Alat Evaluasi
…………. Untuk
memperjelas pengertian alat atau instrumen, terapkan pada dua cara mengupas
kelapa, ……………..
3. Kesimpulan
Dalam
kesimpulan, makalah Anda harus menggambarkan pendapat / alasan utama Anda, dan
buat pula sudut pandang / pandangan Anda yang telah Anda ajukan secara tegas.
Ini memberikan pengertian yang lengkap pada makalah Anda.
Kesimpulan
Anda harus mencakup:
o Menyajikan kembali pendapat / alasan utama Anda atau mengingatkan pembaca
akan bahasan Anda.
o Ringkasan pokok-pokok bahasan anda.
o Jawaban atas pertanyaan-pertanyaan atau memberikan ulasan / bahasan
makalah.
Materi
atau gagasan baru biasanya tidak diperkenalkan dalam kesimpulan. Itu akan
mengalihkan perhatian pembaca dan membuat pembaca merasa anda tidak kompeten
terhadap informasi yang didiskusikan.
Contoh
Kesimpulan dari judul makalah ”Merancang Latihan, Tugas dan Alat Evaluasi” :
……… bahwa
keberhasilan pengajaran dan pembelajaran salah satunya, tergantung pada
keberhasilan guru merancang materi pengajaran termasuk merancang latihan, tugas
dan alat evaluasi yang merupakan alat untuk mencapai sasaran belajar ………..
LATIHAN
Buatlah
essay/makalah yang terdiri dari lima paragraph tentang anda mendapatkan
bingkisan yang sangat berkesan. Bingkisan untuk
memperingati peristiwa khusus atau diberikan tanpa alasan sama sekali.
Jelaskan tentang bingkisan tersebut dan mengapa sangat berkesan. Berikan
alasan-alasannya, deskripsi bingkisan, dan bagaimana perasaanmu ketika
menerimanya.
|
C. Karakteristik Laporan Yang Baik
Suatu
laporan normalnya adalah produk (hasil) akhir dari sebuah percobaan, kerja
lapangan, proyek penelitian, atau riset/penyelidikan. Suatu laporan seharusnya
memberikan perhitungan dan hasil kegiatan atau tugas-tugas yang terkait.
Laporan Anda harus menunjukkan kepada pembaca, kompetensi (kemampuan) dan
keahlian / keterampilan anda dalam melakukan kegiatan-kegiatan, dan
mengorganisasian serta meringkasnya.
Gaya
laporan antara yang satu dengan yang lainnya berbeda/bervariasi, oleh karena
itu sangat penting bagi Anda untuk mempelajari permintaan tugas-tugas secara
hati-hati (teliti) untuk mengerti secara pasti apa yang diperlukan.
Secara
umum laporan yang baik harus mencakup:
o Memberikan laporan secara tepat dan jelas apa yang telah, hingga laporan
tersebut selesai disusun.
o Merefleksikan keefektifan dan keefisiensian keterampilan yang Anda gunakan
untuk menjadikan pekerjaan / tugas lengkap.
o Menyajikan informasi dalam urutan yang dapat diterima atau masuk akal
(logis).
o Ditulis dengan gaya yang jelas.
o Ditulis dalam bahasa yang benar dan tepat.
o Mencantumkan semua sumber informasi (referensi) secara proporsional /
sesuai dengan kebutuhan.
D. Komponen Utama Laporan
Seperti
makalah dan kebanyakan dokumen tertulis, laporan harus dimulai dengan
pendahuluan dan diakhiri dengan kesimpulan. Diantara pendahuluan dan
kesimpulan, ada tiga seksi (3 bagian) yang dinamakan metode / cara-cara yang
digunakan, hasil dan pembahasan (diskusi). Ketiga-tiga bagian (seksi) ini dapat
meliputi sekitar tujuh puluh sampai sembilan puluh persen (70% – 90%) dari
total keseluruhan laporan yang telah Anda susun.
Seluruh
lima seksi/bagian (kelima-lima seksi/bagian) biasanya diberi nama, dan isinya
serta coraknya menjadikan hal tersebut dengan mudah dapat dikenali. Walaupun
Anda harus mengikuti petunjuk tugas secara teliti. Pedoman berikut tentang lima
bagian tersebut mungkin sangat bermanfaat bagi Anda.
1. Pendahuluan.
Pada
pendahuluan, Anda menjelaskan / menyampaikan latar belakang dan pengetahuan dasar
(informasi) secara umum yang dengan itu berguna dan mudah bagi pembaca untuk
membaca bagian pokok dari laporan Anda.
Secara umum, pendahuluan laporan harus mencakup:
o Menjelaskan latar belakang yang sesuai dari apa-apa yang anda paparkan;
o Menyatukan masalah-masalah / problem-problem dan pertanyaan-pertanyaan yang
anda teliti dan lakukan; dan
o Memaparkan / menggambarkan pentingnya hal yang dilakukan.
2. Metode-metode.
Bagian
ini, memberikan gambaran yang menyeluruh prosedur / urutan langkah-langkah yang
telah Anda gunakan. Dalam hal ini, Anda harus:
o Memberikan secara rinci bahan/pokok-pokok bahasan, perlengkapan, dan atau
peralatan yang anda gunakan, dan
o Memaparkan/menggambarkan masing-masing langkah yang diambil dalam Anda
melakukan pekerjaan/tugas tersebut.
Jika
Anda memiliki/menemukan beberapa perbedaan/kesulitan apapun selama melakukan
kegiatan tersebut, berilah gambaran (gambarkan) dalam bagian ini.
3. Hasil
Dalam
bagian hasil, Anda menyajikan/menjelaskan secara rinci temuan-temuan yang
didapat dengan problem (masalah) dan persoalan yang harus dipelajari/teliti.
Ketepatan dan kejelasan/kejujuran adalah faktor utama, walaupun nantinya
didapatkan hasil yang tidak diharapkan, harus dilaporkan juga.
Melalui
bagian ini, Anda perlu untuk:
o Memaparkan pengamatan dan hasil temuan anda secara masuk akal/dirinci
sehingga dapat di mengerti, dan
o Menarik perhatian pembaca Anda, dengan menunjukkan sesuatu yang luar biasa
dari tulisan Anda.
4. Pembahasan/Diskusi.
Dalam
bagian pembahasan/diskusi, Anda mengkaitkan hal-hal pokok dari informasi yang
anda sajikan dan upaya/berusaha memecahkan masalah-masalah atau jawaban atas
pertanyaan-pertanyaan Anda.
Untuk
mencapai ini, Anda harus:
·
Menginterprestasikan/mengartikan hasil-hasil dalam
kaitannya dengan pertanyaan-pertanyaan atau masalah-masalah / problem-problem
yang dipelajari dan kesulitan-kesulitan yang dialami
·
Tanggapan/pendapat atas kesesuaian dan
keabsahan/kebenaran dari metode-metode yang digunakan terhadap hasil yang
dicapai dan kesulitan-kesulitan yang ditemukan selama proses penulisan.
·
Membahas bagaimana dapat diterapkan suatu persaman persepsi/pandangan
dari berbagai sumber dapat diperoleh.
5. Kesimpulan.
Bagian
kesimpulan dari laporan anda harus menyakinkan pembaca anda bahwa kegiatan yang
dipaparkan dalam laporan telah lengkap sebagaimana mestinya dan anda mengetahui
apa yang telah dicapai tugas yang dilaporkan dan apa langkah berikutnya yang
harus dipilih.
Pada kesimpulan laporan, Anda boleh:
o Meringkas pengamatan dan temuan-temuan utama.
o Menyimpulkan prestasi yang telah dibuat dan perbedaan yang ditemui; dan
o Memberikan saran dan pendapat untuk penelitian lebih lanjut dalam kaitan/
berhubungan dengan pekerjaan Anda.
Sumber: http://faisal14.wordpress.com/2008/07/25/cara-menulis-makalah-dan-laporan/
No comments:
Post a Comment